Suzuki Ertiga Sport MT

Selain mengeluarkan seri transmisi otomatis, Suzuki juga meluncurkan Suzuki Ertiga Sport MT yang menggunakan transmisi manual. Dibandingkan dengan kembarannya, mobil ini lebih murah dan masih berkisar di bawah 250 jutaan. MPV ini cukup keren dan futuristik dari segi desain karena sentuhan sport diberikan pada mobil ini mulai dari eksterior hingga interiornya.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Sport MT

Tipe mesin yang digunakan pada varian manual tidak berbeda dengan Suzuki Ertiga Sport AT. Tipe mesinnya masih menggunakan K15B yang kapasitas silindernya 1500 cc. Jumlah silindernya ada 4 buah dengan 16 katup DOHC. Tenaga yang dihasilkan mobil adalah 103 HP dengan torsi maksimum 138 Nm. Transmisi manual menggunakan girboks dengan 5 level kecepatan.

Mobil ini memiliki tinggi 1690 mm, dengan panjang 4470 mm, lebar 1735 mm, dan ketinggian dari tanahnya setinggi 180 mm. Di dalam mobil ada single airbag untuk pengemudi, child safety lock untuk anak-anak, sabuk pengaman, dan pelindung benturan dari samping. Mobil juga sudah dilengkapi dengan modul ABS sebagai kelengkapan keselamatan berkendara.

Interior Suzuki Ertiga Sport MT

Interior mobil menggunakan all-black, tidak lagi beige seperti Ertiga tipe lainnya. Ada penambahan panel aksen kayu sehingga tidak teerlalu monoton. Trim pintu berbahan plastik, namun sisi arm-rest terdapat bahan kain. Sedangkan door handle bagian dalam dan bagian luar menggunakan warna krom. Di sisi driver ada tombol electric mirror dan retract, sekaligus central lock dan window lock.

Bahan dashboard menggunakan bahan plastik. Speedometer dan tachomeeter tampil dengan desain lingkaran. Sementara MID-nya lengkap dengan informasi suhu, konsumsi BBM, sisa bensin, dan jam digital. Kemudi mobil dilapis dengan bahan kulit berwarna hitam. Kemudi juga tidak polos karena ada aksen kayu, airbag, dan juga audio steering switch.

Head unit mobil tampil dengan monitor. Di dalamnya teerdapat berbagai menu sperti weblink, USB, waze, iPod, AUX, radio AM/FM, Spotify, audio dan bluetooth. AC mobil ini juga sudah menggunakan pengaturan digital sehingga bisa dijadikan heater hingga 32 derajat celcius. Pengaturannya sudah berupa auto-climate dengan adanya arah semburan hingga ke bagian defogger belakang.

Eertiga ini mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Joknya berwarna hitam dengan bahan kain. Selain headrest yang bisa diatur, ada juga seatbelt yang bersifat fix, sun visor untuk penumpang depan dan pengemudi, airbag untuk penumpang depan, dan child safety lock. Kursi juga bisa disiling sehingga posisi duduk sangat nyaman.

Exterior Suzuki Ertiga Sport MT

Berbeda dengan Suzuki Ertiga lainnya, mobil yang satu ini menggunakan grille dengan wara hitam glossy. Bagian yang dibri aksen krom hanyalah frame di bagian atas dan bawahnya saja. Mobil juga memiliki bumper yang melekuk dan sudah ada penambahan DRL. Bodi kit di bagian bawahnya sama dengan warna bodi mobil dan diberi silver lining.

Bentuk desain head lamp tergolong sangat kecil dengan lampu utamanya menggunakan halogeen proyektor. Sementara sein dan lampu jauhnya menggunakan halogen. Sisi bawah ada lampu kabut beerjenis halogen, bedanya ada DRL dari LED yang membingkai di sekitar fog lamp. DRL hanya ada di seri Sport MT yang keluar di tahun 2019 saja.

Baca Juga: Review Suzuki Ertiga GL MT

Velg menggunakan ukuran 15 inch, bedanya dengan Suzuki Ertiga GL MT adalah dari warna veelgnya. Ertiga Sport ini menggunakan velg two-tone polish silver dan hitam. Ban mobilnya menggunakan Dunlop 185/65 R15. Cover spion berwarna senada dengan bodi mobil namun ada peenambahan lampu sein di bawahnya. Kesan sport juga tampil pada bodi samping yang diber side skirt.

Sisi belakang mobil terdapat LED bar hingga ke bagian atas. Selain ada kamera parkir di edisi terbaru, ada juga dua sensor parkir berupa titik di bagian bawah. Di pintu kanan ada emblem Ertiga dan sisi kanan ada emblem Suzuki Sport. Di atas mobil ada spoiler dan juga stop lamp.

Harga Suzuki Ertiga Sport MT

Mobil Suzuki Ertiga Sport MT dibanderol jauh lebih murah daripada yang menggunakan transmisi otomatis. Harga OTR di DKI Jakarta bekisar Rp 241 juta, sekitar Rp 10 juta lebih murah ketimbang bertransmisi otomatis. Sementara dari segi fitur, mesin, dan performanya, kduanya tidak memiliki perbedaan. Begitu juga dari desainnya, keduanya memiliki bentuk didesain sama.

Apakah anda hendak menyewa armada Elf untuk keperluan anda di kota Yogyakarta? Jika demikian, anda dapat memperoleh armada Elf terbaik di sewa Elf Jogja dari berbagai agen kendaraan di kota budaya ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *